RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SMK Negeri
1 Surabaya
MATA
PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS
/ SEMESTER : X / 1
PROGRAM
KEAHLIAN : Semua
program keahlian
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami Hakekat Bangsa
dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
KOMPETENSI
DASAR : 1.2. Mendiskripsikan Hakekat Negara dan Bentuk-Bentuk
Kenegaraan
ALOKASI
WAKTU : 4 X 45 menit
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
a. Menjelaskan
pengertian Negara.
b. Menjelaskan
asal mula terjadinya Negara
c. Mendeskripsikan
pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.
d. Menyebutkan
bentuk – bentuk kenegaraan.
B. Proses
a.
Menganalisis pengertian
Negara.
b.
Menganalisis asal mula
terjadinya Negara.
c.
Membandingkan bentuk –
bentuk kenegaraan.
d.
Menguraikan pentingnya
pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Berfikir
kritis terhadap makna hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
b. Secara
mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh bentuk-bentuk kenegaraan.
B. Ketrampilan Sosial
a. Mengemukakan
pendapat tentang pengertian negara
b. Menampilkan
perilaku yang menunjukkan pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu
negara
c.
Mengemukakan pendapat
tentang asal mula terjadinya Negara.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
a.
Tanpa membuka buku
siswa dapat menjelaskan pengertian tentang Negara.
b.
Setelah membaca buku
dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang asal mula terjadinya
Negara.
- Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan perbandingan masing – masing bentuk kenegaraan.
B. Proses.
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan pengertian Negara
menurut para ahli.
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membandingan bentuk –
bentuk kenegaraan.
c. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menegaskan asal mula terjadinya Negara.
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
a. Setelah
membaca buku dengan teliti dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis
tentang makna hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
b. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga)
contoh bentuk – bentuk kenegaraan.
B. Ketrampilan
sosial
a. Setelah
membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat
tentang pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.
b.
Setelah membaca buku
dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang asal
mula terjadinya Negara.
MATERI AJAR:
a. Pengertian
negara.
b. Asal
mula terjadinya negara.
c. Makna
penting pengakuan suatu negara dari negara lain.
d. Bentuk
negara dan bentuk kenegaraan.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø
Model :
Kooperatif tipe Debate
Ø
Metode : Ceramah,
Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan Awal (
Apresepsi )
1. Guru
memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (Konfirmasi
)
1.
Guru menjelaskan
pengertian negara
2. Guru
menjelaskan tentang asal mula terjadinya negara
3. Guru
menjelaskan perbandingan bentuk negara
4. Guru
membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5. Guru
memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir (Kolaborasi)
Ø Guru
mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran
berakhir
Kegiatan Awal
Ø Guru
mengadakan apersepsi tentang materi
minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat
tentang Pancasila sebagai sumber nilai
Kegiatan
Inti (Elaborasi)
1.
Guru meminta siswa
untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu
lalu
2.
Guru mempersilahkan
siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
Kegiatan Akhir (Kolaborasi)
Ø Guru
bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat
kesimpulan tentang hakekat bangsa dan Negara.
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku Paket PKn kelas
XII Yudistira
2.
Buku Paket PKn kelas
XII PT Galaksi Puspa Mega
3.
Buku Paket PKn kelas
XII Esis
4.
Buku Paket PKn XII Tiga
Serangkai
5.
Buku Paket PKn XII
Armico
MEDIA
DAN BAHAN
1.
Power Point
2.
LCD
PENILAIAN
1. Penugasan
( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di
presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.
Tes tertulis dengan
bentuk soal pilihan ganda dan uraian
@
Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1.
Penguasaan Materi
2.
Sistematika dalam
penyampaian materi
3.
Tata bahasanya
4.
Sikap pada saat tampil
5.
Kerja sama dengan
pasangannya
@
Skor Penilaian
1.
85 jika kelima aspek terpenuhi
2.
80 jika keempat aspek terpenuhi
3.
75 jika ketiga aspek terpenuhi
4.
70 jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian
Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu
maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian
antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
Ketentuan
Penilaian
A = Baik
Sekali C = Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. Dra. NGESTI
WAHYU W.
NIP. 195907051986031027 NIP: 19650228200701201
0 komentar:
Posting Komentar