Kamis, 03 Januari 2013

Rpp HAKEKAT NEGARA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                    :     SMK  Negeri  1  Surabaya
MATA PELAJARAN                :     Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER               :     X  /  1
PROGRAM KEAHLIAN         :     Semua program keahlian
STANDAR KOMPETENSI      :     1.        Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
KOMPETENSI DASAR           :     1.2.     Mendiskripsikan Hakekat Negara dan Bentuk-Bentuk Kenegaraan
ALOKASI WAKTU                       :     4 X 45 menit
                                 
           
INDIKATOR :
Kognitif
A.  Produk
a.       Menjelaskan pengertian Negara.
b.      Menjelaskan asal mula terjadinya  Negara
c.       Mendeskripsikan pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.
d.      Menyebutkan bentuk – bentuk kenegaraan.
B.  Proses
a.          Menganalisis pengertian Negara.
b.         Menganalisis asal mula terjadinya Negara.
c.          Membandingkan bentuk – bentuk kenegaraan.
d.         Menguraikan pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.      Berfikir kritis terhadap makna hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
b.     Secara mandiri maupun kelompok mampu menunjukkan contoh bentuk-bentuk kenegaraan.



B.  Ketrampilan Sosial
a.       Mengemukakan pendapat tentang pengertian negara
b.      Menampilkan perilaku yang menunjukkan pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu negara
c.       Mengemukakan pendapat tentang asal mula terjadinya Negara.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.  Produk
a.       Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan pengertian tentang Negara.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan tentang asal mula terjadinya Negara.
  1. Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan perbandingan masing – masing bentuk kenegaraan.
B.  Proses.
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan pengertian Negara menurut para ahli.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membandingan bentuk – bentuk kenegaraan.
c.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat  menegaskan asal mula terjadinya Negara.

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
a.       Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan 3 (tiga) contoh bentuk – bentuk kenegaraan.
B.  Ketrampilan sosial
a.       Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara.
b.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang asal mula terjadinya Negara.

MATERI AJAR:
a.       Pengertian negara.
b.      Asal mula terjadinya negara.
c.       Makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain.
d.      Bentuk negara dan bentuk kenegaraan.

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø    Model     :  Kooperatif  tipe Debate
Ø    Metode   :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas
 
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1














2.
I














II




Kegiatan Awal ( Apresepsi )
1.      Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (Konfirmasi )
1.      Guru menjelaskan pengertian negara
2.      Guru menjelaskan tentang asal mula terjadinya negara
3.      Guru menjelaskan perbandingan bentuk negara
4.      Guru membagi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra.
5.      Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir  (Kolaborasi)
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal
Ø  Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang Pancasila sebagai sumber nilai
Kegiatan Inti (Elaborasi)
1.         Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.         Guru mempersilahkan siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
Kegiatan Akhir (Kolaborasi)
Ø  Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan tentang hakekat bangsa dan Negara.
10’



70’






10



5’



75’



10’


SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.      Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.      Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.      Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.      Buku Paket PKn XII Armico
 
MEDIA DAN BAHAN
1.      Power Point
2.      LCD

PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda dan uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
1.      Penguasaan Materi
2.      Sistematika dalam penyampaian materi
3.      Tata bahasanya
4.      Sikap pada saat tampil
5.      Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
1.      85  jika kelima aspek terpenuhi
2.      80  jika keempat aspek terpenuhi
3.      75  jika ketiga aspek terpenuhi
4.      70  jika kedua aspek terpenuhi


 
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas

No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A      =    Baik Sekali                                          C     =    Cukup
B      =    Baik                                                      D     =    Kurang


                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN




           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      Dra. NGESTI WAHYU W.
         NIP. 195907051986031027                                  NIP: 19650228200701201



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes